Implementasi Permainan Bahasa Wordwall Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi permainan bahasa Wordwall untuk meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris pada 32 siswa kelas XI Kuliner I di SMK Negeri 4 Bangli yang dipilih secara purposive sampling. Teknik purposive sampling dipilih karena fokus penelitian adalah pada siswa yang membutuhkan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks pariwisata, yang relevan dengan jurusan Kuliner. Objek penelitian adalah platform Wordwall dalam meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris, motivasi belajar siswa, dan kemampuan komunikasi siswa dalam konteks pariwisata. Metode penelitian menggunakan (mixed methods) dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan kosakata siswa, dengan nilai tes rata-rata mencapai 86,6%. Penelitian ini menunjukkan bahwa Wordwall memiliki potensi besar sebagai metode pembelajaran yang efektif dan menarik di berbagai mata pelajaran, tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan bermakna. Penelitian ini merekomendasikan Wordwall sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.