Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 143 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPAS berupa komik digital yang valid dan praktis Komik digital telah menjadi media yang sangat populer dan efektif dalam menyampaikan informasi dan hiburan kepada generasi digital native, yang lahir dan tumbuh bersama dengan perkembangan teknologi digital.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, yaitu define, design, develop, dan disseminate dengan menggunakan uji coba kelompok kecil (small group). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 143 Palembang, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 10 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan lembar angket yang disebarkan. Teknik analisis data yang diuji yaitu kevalidan dan kepraktisan media komik digital. Hasil penelitian menunjukan bahwa media komik digital sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPAS telah memenuhi kriteria yang valid dengan rata-rata 87,6% dan kriteria sangat praktis dengan rata-rata 94,4% untuk digunakan dalam membantu proses pembelajaran pada materi kegiatan ekonomi
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.