Peningkatan Kualitas Karakter Siswa Melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter memiliki tugas mengembangkan potensi siswa agar memiliki hati dan perilaku baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas karakter siswa melalui media pembelajaran interaktif berbasis android. Adapun karakter yang dikembangkan yaitu disiplin, jujur, saling menghormati dan menghargai. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model action research dari Stringer dengan kegiatan inti yang terdiri dari tiga tahap. Tahapan terdiri dari observasi, analisis data, dan tindakan serta evaluasi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan angket. Hasil penelitian dari setiap karakter siklus I pada setiap skor: disiplin, tidak pernah 3, jarang 19, sering 22, dan selalu 20. Aspek jujur, tidak pernah 0, jarang 19, sering 24, selalu 21. Aspek menghargai dna menghormati, tidak pernah 1, jarang 17, sering 23, selalu 24. Siklus II, aspek disiplin, tidak pernah 1, jarang 14, sering 27, selalu 24. Aspek jujur tidak pernah 0, jarang 13, sering 27, selalu 24. Aspek menghargai dan menghormati, tidak pernah 0, jarang 12, sering 25, selalu 27.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ceryna Dewi, N. K., Anandita, I. B. G., Atmaja, K. J., & Aditama, P. W. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 100–107.
Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Alfabeta.
Maheswari, N., Silma, N., Wulandari, P. N., Ramadhan, T. S., & Marini, A. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Untuk Pembelajaran IPS Pada Siswa SD Melalui Electronic Wordless Picture Book. Jurnal Pendidikan Dasar Sosial Dan Humaniora, 4, 479–490.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Alfabeta.
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Edu Candy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Sodial Dan Humaniora, 2, 439–448.
Nurjanah, S. (2020). Metode PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matapelajaran IPS Peserta Didik di SMPN jetis 1 Bantul. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 81–92.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. . MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Rohman, M. A. A. (2019). Pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Teori, Metodologi dan Implementasi. . . Qolamuna, 11(2), 125–146.
Rusdiyani, I. (2016). The Effect of Learning Methodology and Personality Type on Cognitive Abilities. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, 5(2), 89–95.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 470–477.
Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Medan, 348–352.
Shrivastava, S. (2017). Digital Disruption is Redefining the Customer Experience: The Digital Transformation Approach of the Communications Service Providers. Telecom Business Review: SITM Journal, 10(1), 41–52.
Sofyan, M., M.Japar, & Julela MS. (2018). Implementasi Pendidikan Karakte. Jakad Publishing.
Stringer, T. E., McFadyen. C.L, & Baldwin, C. S. (2010). Integrating teaching, learning, and action research. SAGE Publications.
Wahid, A. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Bertingkat Mamajang I Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI: Harmonisasi Pembelajaran Biologi Pada Era Revolusi 4.0, 54–70.
Wandah Wibawanto. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (D. Febiharsa, Ed.). . Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.