Implementasi Media Ajar Papinsa (Papan Pintar Siswa): Pendukung Kemampuan Literasi di SDN 02 Winongo
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji penerapan dan efektivitas media ajar PAPINSA (Papan Pintar Siswa) dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di SDN 02 Winongo. PAPINSA merupakan media ajar berbasis permainan ular tangga yang dilengkapi dengan kartu flashcard untuk pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi menulis pantun. Metode penelitian yang digunakan jelas subjektif dengan persepsi langsung dan penelitian sebagai instrumen pengumpulan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAPINSA dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Semua siswa mencapai penilaian di atas KKM setelah menggunakan PAPINSA, dan keterampilan menulis pantun mereka juga meningkat. Pendekatan interaktif dan berbasis permainan ini telah terbukti berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.