Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Matematika Materi Fungsi dan Fungsi Invers Melalui Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas XI-Geomatika

Main Article Content

Sri Bardini

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk  meningkatkan   kemampuan dalam pemecahan masalah Aljabar pada Fungsi  dan  Fungsi  Invers siswa kelas XI Geomatika Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri  2 Surakarta, dan secara khusus  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Fungsi  dan  Fungsi  Invers pada siswa kelas  XI Geomatika di   Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri  2 Surakarta.


Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think Pair Square Penerapan metode pembelajaran Think Pair Share secara signifikan dapat meningkatkan  kemampuan siswa  dalam Fungsi  dan  Fungsi  Invers Siswa kelas XI DPIB-A SMKN 2 Surakarta. Kemampuan siswa  dalam Fungsi  dan  Fungsi  Invers pada kondisi awal sebelum tindakan persentase kemampuannya berada pada kategori rendah yaitu 47.22 % dan pada siklus I mengalami peningkatan dengan  tingkat kemampuan sedang  yaitu 64% dan pada siklus II kemampuan siswa berada pada kategori tinggi yaitu 86 %. Peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika sangat signifikan yaitu sebesar 38,78% dari kondisi awal.

Article Details

How to Cite
Bardini, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Matematika Materi Fungsi dan Fungsi Invers Melalui Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas XI-Geomatika. Journal on Education, 2(3), 255-269. https://doi.org/10.31004/joe.v2i3.317
Section
Articles

References

Bell. 1981. Teaching and Learning Mathematichs. Dubuque Lowo: Win C. Broom Company Publiser.

Depdiknas. 2002. Teori-Teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan untuk Pembelajaran Matematika. Pelatihan Terintegrasi berbasis kompetensi.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Celeban Timur.

Hudoyo, Herman 2001. Mengembangkan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika. FGEOMATIKA UM Malang.

Hudoyo, Herman.1990. Mengajar Belajar Matematika. LPTK Jakarta: Depdikbud.

Polya, G. 1973. How to Solve it, Second Edition. Princeton. New Jersey Princeton University Press.

Russefendi, 1988. Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Soleh, Mohammad. 1998. Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Solso. R. Robert, Maclin. H. Otto, Maclin. Kimberly. M. 2007. Psikologi Kognitif. Terjemahan Penerbit Erlangga, Jakarta:Erlangga

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Upu, Hamzah. 2003. Pengajuan Masalah dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. (Pegangan Untuk Guru, Siswa PPS, Calon Guru, & Guru Matematika.